Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum MTs PB Roudlotul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2025/2026 menggunakan struktur kombinasi yang mengacu pada KMA Nomor 450 tahun 2024 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah untuk fase D dan semua jenjang kelas, yaitu Kelas VII, kelas VIII dan Kelas IX. (Dan saat ini kami mempedomani KMA Nomor 1503 Tahun 2025 sebagai acuan Implementasi Kurikulum Merdeka).
Kegiatan Pembiasaan
Pembiasaan atau yang disebut dengan habituasi adalah penyesuaian pada suatu hal yang merupakan salah satu proses pembelajaran non asosiatif yang tergolong dalam proses pembelajaran dasar, yakni pada saat stimulus diberikan secara terus menerus maka respon yang dihasilkan akan mengalami penurunan.
Habituasi atau kegiatan pembiasaan ini bertujuan untuk membentuk suatu sikap dan kesadaran perilaku yang menjadikan peserta didik akan melakukan secara kontinyu baik dalam atau tanpa pengawasan. Adapun Program pendukung atau kegiatan pembiasaan yang dilakukan di MTs PB Roudlotul Mubtadiin pada Tahun Pelajaran 2025/2026 adalah sebagai berikut;
Pembacaan Asmaul Husna
Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi spiritual siswa agar lebih siap melakukan kegiatan belajar mengajar sehingga diharapkan siswa lebih rileks dalam menerima pelajaran.
Pembacaan Nadhom Aqidatul Awam
Mengetahui dan memahami esensi ketauhidan mulai dari sifat wajib Allah, sifat wajib rasul, nama malaikat, nama kitab suci dan silsilah nabi Muhammad SAW dan lain sebagainya.
Sholat Dhuha
Membiasakan siswa melaksanakan shalat dhuha, memberikan ketenangan kegiatan belajar mengajar, dan membentuk karakter siswa yang baik.
Tikroran Nadhom Nahwu
Mengetahui nadham ilmu Nahwu dan mampu membantu dalam mempelajari ilmu tersebut.
Sholat Dzuhur berjamaah
Melatih siswa untuk menjalankan perintah Allah SWT, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib madrasah.
Literasi Kitab Kuning
Membiasakan siswa-siswi membaca dan memahami kitab kuning dan esensi dari kitab yang dibaca untuk menghadapi problematika zaman sekarang.
Literasi Bahasa Asing (Arab dan Inggris)
Memperkaya perbendaharaan kosakata dan membuka khazanah serta wawasan global, dan membentuk karakter unggul melalui pengetahuan bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris yang meliputi ; (1) Pemahaman frasa serta ungkapan dasar yang terkait lingkungan madrasah, (2) Percakapan sederhana sehari-hari, dan (3) Pemahaman terhadap teks-teks pendek (cerita, pengumuman, ataupun kata mutiara dalam bahasa Arab maupun Inggris.
Literasi Bahasa Jawa (Unggah-Ungguh/ Tata Krama)
Melestarikan budaya unggah-ungguh dan tata krama.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan sopan dan hormat kepada yang lebih tua atau kedudukan yang lebih tinggi, serta agar terjalin hubungan yang efektif dan harmonis.
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika, khususnya dalam budaya Jawa dan kesadaran akan pentingnya bahasa Jawa sebagai identitas budaya kita.
Pembacaan Maulid Barzanji
Mengetahui Tarikh dan sirah nabi Muhammad SAW melalui nadhom, syi’ir yang indah,
Mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui kecintaan kepada baginda nabi Muhammad SAW
Mencintai Rasulullah melalui bacaaan Shalawat yang indah.
Ziaroh ke Makam Pendiri dan Keluarga Pondok
Mengingat kematian
Menghormati para pendiri pondok pesantren
Menghormati para pendiri pondok dan selalu mendo’akan beliau agar senantiasa mendapatkan keberkahan dari beliau.